Sabtu, 27 Februari 2016

melatih kekuatan dan kecepatan pukulan

A.Melatih Otot Tangan



Sebelum melatih pukulan kita harus melatih otot tangan dulu agar kekuatan tangan kita bisa bertambah kuat.

dibawah beberapa cara melatihya :



1.Lakukan streiching dulu sebelum melakukan aktifitas secara statis dan dinamis agar meminimalisir terjadinya cidera, sebaiknya dilakukan secara teratur mulai dari atas sampai bawah, dengan hitungan 2 x 8.



2.Lakukan gerakan pus-up klu bisa minimal 30 kali gerakan bisadivariasi dengan tangan terbuka,tangan posisi menggenggam,posisi nyakar ataupun dengan satu tangan

3.Latihan dengan beban 4.Tangan posisi menggenggam tempelkan ditanah dengan tangan satu untuk menopang berat badan dilakukan dengan posisi miring

5.Posisi kepala dibawah kedua kaki tempelkan pada tembok dengan tumpuan tangan

6.Lakukan posisi kayang terus lakukan gerakan seperti pus-up



7.Gerakan full-up



B.Melatih PukulanUntuk melatih pukulan harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan bertahap mulai dari melatih otot,baru melatih kelenturan tangan,dibawah ini tahapan dalam melatih pukulan:

1.Pada saat joging lakukan gerakan memukul secara pelan kedepan dengan pandangan mata fokus kedepan

2.Posisi kuda-kuda dengan lakukan pukulan kedepan bisa juga divariasi dilakukan dengan pelan,cepat dan semakin cepat.lakukan dengan berulang-ulang kalau bisa sampai 200 pukulan tiap hari

3.Latihan memukul dengan menggunakan beban(tetapi jangan melakukannya dengan kekuatan penuh karena akan mencederai pergelangan.) cukup lakukan dengan slowmotion dan rasakan gerakannya.

4.Mulailah latihan dengan menggunakan alat misalkan samsak atau yang lainnya,untuk sederhana anda juga bisa mengajak teman ditangan pakai sendal lalu suruh teman untuk menggerakan tanganya agar melatih ketepatan pukulan anda



5.Pukullah samsak dari pelan sampai sekuat tenaga untuk mengukur sampai dimana kekuatan pukulan anda



melatih kecepatan pukulan

"Ketegangan dan Relaksasi". Ketegangan disamakan dengan kekuasaan dan kekuatan , sedangkan Relaksasi adalah kecepatan dan fleksibelitas.Saat kita dalam kondisi siap, kita harus rileks sepenuh, jadi tangan, bahu , pundak dll harus rileks sepenuhnya. Lalu setelah memukul kira-kira jarak 5 cm baru tegangkan. Kemudian setelah itu tarik dan rilek dengan cepat. Agar lebih jelas saya berikan contoh saat anda memukul. Pertama saat anda bersiap memukul , rilekskan tubuh anda sepenuhnya. termasuk bahu , pundak dll. Lalu saat anda memukul tetap rileks, kira-kira setelah jarak 5cm baru tegangkan. Kemudian tarik dan rilek dengan cepat.

Nah setelah anda tahu tekniknya, kini tiba saatnya anda melatihnya.

1. Sprint 100 meterSaat anda lari, kaki diangkat tinggi- tinggi dengan 5-10 sets.Setelah itu istirahatlah sampai anda mulai tenang, baru lanjut ke nomor 2

2. Lakukan Pukulan dan Tendangan beruntun.Berikan pukulan dan tendangan beruntun 1 sets 40 pukulan, tanpa pemberat kaki dan tangan. Lalu lakukan lagi 2 sets 40 pukulan dengan pemberat kaki dan tangan. Kemudian lakukan lagi 1 sets 40 pukulan tanpa pemberat tangan dan kaki. Dan ingat anda harus tetap menggunakan teknik diatas.


Nah kemudian setelah anda melakukan cara diatas, lengkapilah latihan anda dengan latihan dibawah:



1. Mematikan lilin dengan pukulanNyalakanlah lilin dan matikan lilin tersebut dengan pukulan , kira-kira dengan jarak 3 cm. Lalu setelah terbiasa naikkan menjadi 4 cm dan seterusnya.



2. Memukul kertas
Bolongin ujung kertas, ikat dan gantungkan ketempat yang anda inginkan. Baru pukul kertas tanpa kena , jangan kena.

3. Memukul tanpa mengenai
Latihan memukul tanpa mengenai target. Untuk pemula beri jarak 3cm lalu dekatkan. Kalau yang sudah ahli bisa sampai kena.Tapi ingat sedikit saja mengenai targetnya.

4. Memukul dan menangkap serangan
Ini adalah permainan yang mudah. Lakukan permainan ini bersama teman anda. Caranya anda beri pukulan jab dan teman anda menangkapnya. sumber :
1. lupa search di google aja.
2. diri sendiri


baca juga :
materi latihan kata

0 komentar: