Minggu, 28 Februari 2016

beef burger istimewa





Bahan-bahan dasar (membuat) burger daging sapi (beef burger) / hamburger spesial :

- Tepung terigu 250 gram
- Margarin 15 gram
- Kuning telur 1 butir
- Ragi instan ½ bungkus
- Susu bubuk 10 gram
- Gula pasir 16 gram
- Garam ¼ sendok kecil
- Air dingin 150 ml
- Putih telur 1 butir (untuk olesan)
- Wijen 1 sendok makan (untuk taburan)

Bahan bahan untuk isi burger daging sapi (beef burger) / hamburger spesial :
• Daging sapi giling 160 gram
• Telur 1 butir
• Tepung terigu 3 sendok makan
• Minyak goreng secukupnya

Bumbu bumbu burger daging sapi (beef burger) / hamburger spesial:
• Bawang putih 2 siung, dicincang halus
• Bawang Bombay ¼ buah, dicincang halus
• Merica bubuk ½ sendok teh
• Garam 1 sendok kecil

Pelengkap beef burger :
- Daun selada
- Irisan tomat
- Irisan mentimun- Saus sambal- Saus tomat
- Keju (bila suka)

Cara membuat / mengolah burger daging sapi (beef burger) / hamburger spesial :

1. Terlebih dahulu mengolah roti burgernya yaitu campurkan tepung terigu, ragi instan, susu bubuk sertagula pasir. Aduk rata. Lalu masukkan kuning telur, dan tuangkan air dingin sedikit sedikit sambil diuleni sampaikalis. Tambahkan juga margarin dan garam, uleni lagi sampai benar-benar kalis. Kemudian, bagi adonan tersebut menjadi 4 bagian, lalu bulatkan dan diamkan selama 10 menit. Kemudian kempiskan dan bentuk bulat pipih, lalu letakkan adonan ke dalam Loyang bulat, biarkan selama 45 menit. Olesi adonan menggunakan putih telur, lalu taburi dengan wijen. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 170 derajatcelcius selama 10 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan.

2. Membikin isi burger yaitu campurkan daging giling, telur dan tepung terigu. Aduk rata. Adonan daging dibagi menjadi 4 bagian, lalu dibentuk bulat pipih ( besarnya disesuaikan dengan besarnya roti burger). Panaskan sedikit minyak, goreng adonan daging sampaidaging matang. Angkat dan tiriskan.

3. Cara menyajikan burger yaitu ambil roti burger, belah menjadi dua bagian. Olesi bagian bawah roti burger dengan saus tomat, susun daun selada, irisan tomat, irisan mentimun, lalu letakkan isi beef/dagingnya diatasnya, tutup dengan roti burger bagian yang satunya yang sudah diolesi saus sambal.

4. Beef burger atau burger daging siap disajikan.Demikianlah tips resep masakan (makanan) dari kami tentang bagaimana cara membuat (membikin), memasak, mengolah makanan bercita rasa tinggi burger daging sapi (beef burger) / hamburger special (istimewa) yang enak, gurih, sedap, nikmat dan juga lezat. Mudah - mudahan tulisan singkat ini dapat menambah perbendaharaan wawasan ilmu pengetahuan bagi anda, khususnya dibidang kuliner (resep masakan).

Semoga artikel ini bisa mendatangkan manfaat, selamat mencoba. sumber :klik #cap cay kuah
#sandwich eropa
#membuat soya
#rolade ayam saus bbq

0 komentar: